Analisis PemasaranKakaoPolaSwadayaDi DesaTalontam KecamatanBenaiKabupatenKuantanSingingi

Jesiani Tantino, Evy Maharani, Susy Edwina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pada saluran pemasaran dan kinerja pasar. Penelitian ini dilakukan di Desa Talontam, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk mendapatkan sampel petani dan snowball sampling untuk mendapatkan sampel pedagang. Hasil dari penelitian ini adalah (1) saluran pemasaran swadaya yang terdiri dari dua jalur pemasaran saluran I dari petani, pedagang pengumpul, dan pedagang besar dan saluran pemasaran II dari petani langsung ke pedagang grosir (2) kinerja pasar pada saluran pemasaran I menghasilkan margin pemasaran Rp.6.624,92/kg, sedangkan pada saluran pemasaran II Rp.4.167,00/kg, efisiensi pemasaran saluran pemasaran I sebesar 7,17% dan saluran pemasaran II sebesar 3,54% Farmer’s share saluran pemasaran I pola swadaya sebesar 87,23% sedangkan pada saluran pemasaran II sebesar 99,96%.

Kata kunci: Saluran, kakao, pemasaran, kinerja, dan pola swadaya 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.