PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVA SDN 163 PEKANBARU

Dita Permata Putri Permata Putri, Gustimal Witri Witri, Erlisnawati '

Abstract


Abstrak : Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa di kelas empat (IVA) SDN 163 Pekanbaru masih rendah dengan nilai rata-rata 61,62 (dengan KKM 70) . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas empat (IVA) SDN 163 Pekanbaru dengan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus di semester II 2014/2015.Sebelum menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah nilai rata-rata 61,62, setelah menerapankan model Pembelajaran Berbasis Masalah, UH I adalah 70,81 yang meningkat 14,91% dari skor dasar dengan rata-rata 61,62.  UH II adalah 80,40 yang meningkat 30,48%. Aktivitas guru dengan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah di pertemuan pertama siklus I adalah 55% (kategori cukup), dan pertemuan kedua adalah 65% (kategori baik) dalam pertemuan kedua yang meningkat 10 poin. Pada siklus kedua, aktivitas guru di pertemuan pertama adalah 80% (kategori baik) yang meningkat 15 poin dari pertemuan kedua siklus pertama.Aktivitas guru menjadi 90% (verygood kategori) di pertemuan kedua, yang meningkatkan 10 poin.Aktivitas siswa di pertemuan pertama siklus I adalah 55% (kategori cukup), dan 70% (kategori baik) dalam pertemuan kedua yang ditingkatkan 15 poin. Pada siklus II, aktivitas siswa di pertemuan pertama adalah 80% (kategori baik) yang meningkat 10 poin dari pertemuan kedua siklus pertama. Pertemuan kedua dari siklus kedua adalah 95% (verygood kategori) yang meningkatkan 15 poin.Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswakelas empat (IVA) SDN 163 Pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar IPS

 

 

 

 

 











 

 

 

 

 



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.