PENERAPAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID KELAS XI SMA PGRI PEKANBARU

Kartika Rahayu Rahayu, Betty Holiwarni Holiwarni, Susilawati '

Abstract


Abstrak: Penelitian tentang penerapan metode Buzz Grouptelah dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPASMA PGRI Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain randomized control group pretest-posttest. Sampel terdiri dari dua kelas yaitukelas XI IPA 1sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak setelah dilakukan uji normalitas dan  uji homogenitas. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan metode Buzz Group, sedangkan kelas kontrol  adalah kelas yang tidak diberi perlakuan pembelajaran dengan metode Buzz Group. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t.Berdasarkan hasil perhitungan akhir diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,104 lebih besar dari 1,67dengan pengaruh peningkatan penerapan metode Buzz Group terhadap prestasi belajar siswa sebesar 10,38%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Buzz Group dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPA SMA PGRI Pekanbaru

Kata Kunci: metode Buzz Group, Prestasi Belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.