PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 013 BASILAM BARU
Abstract
Abstrak. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 013 Basilam Baru melalui Model Pembelajaran Inkuiri dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April. Subjek penelitian siswa kelas III SDN 013 Basilam Baru yang berjumlah 12 orang siswa. Parameter penelitian ini adalah hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I rata – rata 74,5 (sedang) dan siklus II rata – rata 81,2 (tinggi), ketuntasan belajar siswa dari siklus I 50 % (tidak tuntas) , siklus II meningkat menjadi 83,3 % (tuntas). Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama memperoleh persentase 37,5 % meningkat pada pertemuan kedua menjadi 54,2 %. Pada siklus II pertama meningkat 70,8 % dan peremuan kedua menjadi 87,5 %. Sedangkan aktvitas siswa juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I pertemuan pertama 33,3 % meningkat pada pertemuan II menjadi 45,5 %. Siklus II pertemuan petama 70,8 % meningkat menjadi 83,3 %. Dari hasil penelitian ini bahwa Model Pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 013 Basilam Baru.
Kata Kunci : Model, Pembelajaran inkuiri, Hasil Belajar IPA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.