DISIPLIN WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN KESETARAAN DI PKBM INSAN CENDEKIA KOTA PEKANBARU
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinggi tingkat disiplin warga
belajar dalam mengikuti program kesetaraan di PKBM Insan Cendekia di Kota
Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa tinggi tingkat
disiplin warga belajar dalam mengikuti pendidikan kesetaraan di PKBM Insan Cendekia
Kota Pekanbaru. Setelah penelitian ini dilaksanakan, diharapkan meningkatkan
kedisiplinan warga belajar PKBM Insan Cendekia mengenai disiplin warga belajar
dalam mengikuti pendidikan kesetaraan di PKBM Insan Cendekia Kota Pekanbaru.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu
teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel
(Sugiyono, 2015:124). Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan angket sebagai metode pengumpulan data, yang berjumlah 114 item
pernyataan. Setelah angket diuji coba, terdapat 9 item yang tidak valid. Data diperoleh
dari responden yang berjumlah 20 orang untuk uji coba angket. Jadi untuk penelitian
item berjumlah 105 pernyataan yang disebarkan kepada 43 responden. Hasil analisis
data menunjukkan bahwa disiplin warga belajar dalam mengikuti pendidikan kesetaraan
di PKBM Insan Cendekia Kota Pekanbaru dari jenis disiplin otoritarian tergolong dalam
tafsiran sangat tinggi dengon skor persentase rata-rata 83,28%. Artinya pihak PKBM
Insan Cendekia lebih cenderung menerapkan disiplin otoritarian sehingga warga belajar
mematuhi peraturan yang ada karena akan ada sanksi atau hukuman yang didapat ketika
melanggar peraturan.
Kata Kunci: Disiplin, Warga Belajar, Pendidikan Kesetaraan
belajar dalam mengikuti program kesetaraan di PKBM Insan Cendekia di Kota
Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa tinggi tingkat
disiplin warga belajar dalam mengikuti pendidikan kesetaraan di PKBM Insan Cendekia
Kota Pekanbaru. Setelah penelitian ini dilaksanakan, diharapkan meningkatkan
kedisiplinan warga belajar PKBM Insan Cendekia mengenai disiplin warga belajar
dalam mengikuti pendidikan kesetaraan di PKBM Insan Cendekia Kota Pekanbaru.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu
teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel
(Sugiyono, 2015:124). Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan angket sebagai metode pengumpulan data, yang berjumlah 114 item
pernyataan. Setelah angket diuji coba, terdapat 9 item yang tidak valid. Data diperoleh
dari responden yang berjumlah 20 orang untuk uji coba angket. Jadi untuk penelitian
item berjumlah 105 pernyataan yang disebarkan kepada 43 responden. Hasil analisis
data menunjukkan bahwa disiplin warga belajar dalam mengikuti pendidikan kesetaraan
di PKBM Insan Cendekia Kota Pekanbaru dari jenis disiplin otoritarian tergolong dalam
tafsiran sangat tinggi dengon skor persentase rata-rata 83,28%. Artinya pihak PKBM
Insan Cendekia lebih cenderung menerapkan disiplin otoritarian sehingga warga belajar
mematuhi peraturan yang ada karena akan ada sanksi atau hukuman yang didapat ketika
melanggar peraturan.
Kata Kunci: Disiplin, Warga Belajar, Pendidikan Kesetaraan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.