PELAKSANAAN LELANG EKSEKUSI PADA PT. BANK DANAMON INDONESIA TBK DSP CLUSTER PEKANBARU MELALUI KPKNL (KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG)

Yulsandi Pramana Putra, Maryati Bachtiar, Riska Fitriani

Abstract


Setiap pembangunan nasional khususnya di bidang ekonomi, memerlukan perhatian yang serius dari negara melalui pemerintah untuk kepentingan rakyat Indonesia, karena itu dalam pelaksanaannya haruslah berada di jalur hukum. Dalam hal perkembangan kebutuhan dan peningkatannya, di perlukan dana yang merupakan salah satu pendukung untuk menggerakkan kegiatan masyarakat di bidang ekonomi, Setiap kegiatan pembangunan nasional, tidak akan terlepas dari aspek hukum. Salah satu sarana yang mempunyai peran penting dalam pengadaan dana tersebut adalah Bank, Bank tidak hanya berfungsi sebagai penghimpun dan penyalur dana bagi masyarakat, tetapi juga memberikan jasa kredit kepada nasabahnya yang merupakan bagian dari usaha bank. Dalam hal ini terjadi hubungan antara pelaku ekonomi dengan pihak perbankan. Pihak bank dalam memberikan kredit atau meminjamkan modal tentunya mensyaratkan adanya jaminan bagi pemberian kredit tersebut sebagai pengamanan dan kepastian akan kredit yang diberikan tersebut, karena tanpa adanya pengamanan bank akan sulit menghindari resiko yang terjadi sebagai akibat dari kreditur yang wanprestasi.
Permasalahan yang penulis angkat adalah tentang proses pelaksanaan lelang eksekusi pada PT. Bank Danamon TBK DSP Cluster Pekanbaru melalui KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang). Permasalahan yang terjadi di PT. Bank Danamon Indonesia Tbk adalah tidak semua kredit yang dikeluarkan oleh PT. Bank Danamon Tbk berakhir dengan lancar. Sering timbul permasalahan bahwa debitur telat membayar angsuran kredit yang biasa disebut dengan NPL (Non Perfoming Loan). Apabila debitur cidera janji, pemegang hak tanggungan pertama mempunyai hak untuk menjual objek hak tanggungan atas kekuasaan sendiri melalui pelelangan umum dalam hal ini adalah pihak KPKNL.
Penulis melakukan wawancara langsung dengan Cluster Manager PT. Bank Danamon Indonesia Tbk DSP Cluster Pekanbaru, guna untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan sebagai bahan penelitian penulisan ini. Jenis penelitian yang dilakukan penulis dapat diklasifikasikan sebagai penelitian kualitatif, yang dimana selain melakukan wawancara dengan pihak terkait dari PT. Bank Danamon Indonesia Tbk DSP Cluster Pekanbaru penulis juga mengunjungi langsung lokasi yang menjadi objek lelang, penulis juga melakukan beberapa studi literatur.
Kata Kunci: Kredit – Jaminan – Lelang – Eksekusi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.