Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009-2012

Mastipa Hany Hutasuhut, Vince Ratnawati, Mudrika Alamsyah Hasan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sruktur aktiva, pertumbuhan aktiva, profitabilitas, Operating Leverage, ukuran perusahaan, likuiditas terhadap struktur modal. Populasi pada penelitian adalah seluruh Perusahaan Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009-2012. Metode pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan metode regresi linier berganda (multiple regression0 untuk memperlihatkan bagaimana variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal, pada hipotesis kedua menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Pertumbuhan Aktiva terhadap Struktur Modal, pada hipotesis ketiga menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara profitabilitas terhadap Struktur Modal, pada hipotesis keempat menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara operating leverage terhadap Struktur Modal, pada hipotesis kelima menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara ukuran perusahaan terhadap Struktur Modal, pada hipotesis keenam menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara likuiditas terhadap Struktur Modal. Berdasarkan perhitungan nilai koefesien determinasi (R2) sebesar 0.313. Hal ini menunjukkan bahwa Struktur Aktiva, Pertumbuhan Aktiva, profitabilitas, operating leverage, ukuran perusahaan dan likuiditas secara simultan memberikan pengaruh sebesar 31.30% terhadap Struktur Modal.

Kata Kunci : Struktur Aktiva, Pertumbuhan Aktiva, profitabilitas, operating leverage, ukuran perusahaan, likuiditas dan Struktur Modal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.