Analisis Daya Saing Biji Kakao (Cocoa beans) Indonesia di Pasar Internasional

Nurul Fitriana, Suardi Tarumun, Ermi Ermi Tety

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan ekspor komoditi biji kakao Indonesia dan menganalisis daya saing biji kakao Indonesia di pasar Internasional. Data yang digunakan adalah data Time Series dari periode tahun 2001-2012 yang didapat dari berbagai sumber seperti International Trade Statistic, FAO, BPS, Ditjen Perkebunan etc. Metode analisis data yang digunakan adalah Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP), analisis Revealed Comparative Advantage (RCA), dan analisis Constant Market Share (CMS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode 2001-2011 nilai ekspor kakao cenderung mengalami peningkatan. Nilai ISP selama periode 2001-2011 memiliki nilai positif yang menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara pengekspor biji kakao. Nilai RCA selama periode 2001-2011 memiliki nilai diatas 1 yang menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan komparatif untuk komoditi biji kakao. Sedangkan analisis CMS selama periode 2002-2011 menunjukkan dari keempat efek yang mempengaruhi daya saing, daya saing Indonesia lebih banyak dipengaruhi oleh efek pertumbuhan standar yang mengindikasikan pertumbuhan ekspor biji kakao Indonesia lebih banyak dipengaruhi oleh pertumbuhan permintaan biji kakao dunia

 

Key words: biji kakao, daya saing, Revealed Comparative Advantage, Constant Market Share, Indeks Spesialisasi Perdagangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.